Inilah yang Biasa Ibu-ibu Lakukan Ketika Menggunakan Internet

Inilah yang Biasa Ibu-ibu Lakukan Ketika Menggunakan Internet - Konsumsi internet yang dilakukan oleh ibu-ibu meunjukkan peningkatan sebesar 48,7%. Fakta itu berdasarkan hasil riset tahunan dari theAsianparent "Indonesia Digital Mums Survey 2018". TheAsianparent merupakan portal parenting yang berada di bawah naungan Tickled Media. Survei tersebut mengambil sampel populasi sebanyak 1.000 ibu-ibu zaman now.

Dari survei tersebut, ditemukan data-data yang berkaitan dengan kecenderungan emak-emak dalam mengonsumsi internet dan kebiasaan mereka dalam menggunakan media sosial. Berdasarkan laporan ini, sebanyak 99% ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga. Penggunaan internet pun mengalami kenaikan berbanding terbalik dengan kebiasaan menyaksikan televisi yang menurun sebesar 78,5%.

hasil penelitian survei sampel riset lembaga kebiasaan perilaku ibu menggunakan memakai internet online digital bahan materi kuliah makalah skripsi tugas akhir ilmiah mahasiswa dosen guru studi kasus case study

Roshni Mahtani, Founder dan CEO Tickled Media mengatakan, “Ibu-ibu di Indonesia mewakili segmen pasar yang menarik bagi berbagai industri. Seperti ibu-ibu di negara-negara Asia Tenggara lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengonsumsi internet dan semakin cerdas secara digital”.

Ia menambahkan, “Kondisi ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi brand yang ingin menjangkau dan memengaruhi keputusan belanja, baik untuk keperluan pribadi dan keluarga para ibu. Pemasaran ke ibu masa kini harus secara digital dulu”.

Sementara, Putri Fitria, Head of Content Tickled Media berujar, “Sekarang smartphone merupakan gadget paling penting bagi seorang ibu digital. Mulai dari membaca, berkomunikasi hingga memonitor anak semua bisa dilakukan melalui ponsel mereka”.

Kebiasaan ini merupakan tren baru yang tak bisa diabaikan oleh setiap brand dalam menjalankan strategi pemasaran tambahnya.

Survei ini juga mengungkapkan banyak fakta menarik seputar penggunaan internet oleh ibu-ibu.


Loading...



1. Konsumsi internet yang meningkat secara signifikan


Satu dari dua ibu menyatakan bahwa mereka mengonsumsi lebih banyak internet setelah menjadi ibu. Peningkatan penggunaan internet pun terjadi sebesar 48,7% dan secara bersamaan menurunkan frekuensi menonton TV hingga 78,5%. Mengunjungi situs parenting (24%) dan media sosial (20%) mendominasi seluruh kegiatan online para ibu modern. Sebanyak 52% ibu-ibu aktif berselancar di internet setelah jam 7 malam, sisanya 36% pada pukul 12 siang – 7 malam dan 12% sebelum jam 12 malam

2. Instagram menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan


Instagram telah mengambil alih Facebook sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan dengan lebih dari 98,5% ibu digital Indonesia memiliki setidaknya 1 akun Instagram. Sebesar 34% dari ibu juga menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram untuk setidaknya 1-3 jam per hari, sementara kurang dari 1 jam sehari untuk Facebook. YouTube berada pada urutan ketiga. Bagi mereka, visual berdampak lebih besar daripada kata-kata. Perusahaan perlu memperhatikan fakta bahwa 90% dari ibu saat ini menyebutkan menyukai atau mengikuti setidaknya satu merek di media sosial dengan alasan diskon atau kupon sebesar 43% dan untuk selaluupdate mengenai produk dan penawaran terbaru sebanyak 41%.

3. Smartphone sebagai pilihan utama menjelajahi internet


Android (87%) masih menjadi sistem operasi pilihan utama. Samsung (31%) adalah merek ponsel yang disukai untuk kalangan berpenghasilan tinggi sementara Xiaomi (28%) sebagian besar digunakan oleh kelompok menengah kebawah. Fleksibilitas smartphone memungkinkan para ibu untuk melakukan pencarian saat on-the-go. Hanya 7% ibu yang menggunakan laptop atau tablet untuk browsing.

4. Beralih digital untuk konsumsi video dan media


75% dari ibu digital Indonesia lebih suka menonton film/konten di YouTube dibandingkan dengan TV tradisional (65%). Topik yang paling banyak dibaca secara online di antara para ibu di Indonesia adalah konten terkait parenting sebanyak 96%, diikuti oleh topik makanan sehat & resep makanan.

5. Ibu berbelanja online 2-3 kali sebulan dengan produk anak-anak mendominasi


Sebesar 95,4% ibu digital melakukan belanja onlinedengan 67% melakukannya setidaknya 2-3 kali sebulan dan keperluan anak sebagai barang belanja utamanya. Sebanyak 87% ibu menyatakan paling suka berbelanja online di Shopee, diikuti oleh Instagram (65%) dan Tokopedia (56%).

6. Menikmati pertumbuhan dompet digital


Sekitar 44% dari ibu digital Indonesia saat ini memiliki setidaknya 1 akun e-money/digital wallet dengan GoPay mendominasi sebesar 75%. Mereka terutama menggunakan layanan ini untuk transportasi (38%) dan belanja (32%).

Sebagai tambahan informasi, riset ini melibatkan responden dari wilayah Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Bandung, riset ini secara komprehensif memapaparkan berbagai kecenderungan aktivitas para ibu terkait konsumsi internet, penggunaan media sosial, kebiasaan belanja rumah tangga dan temuan menarik lainnya. (BiteBrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.