Ini Resep Rahasia Kesuksesan Miracle Aesthetic Clinic dalam Mengarungi Bisnis Estetika

Ini Resep Rahasia Kesuksesan Miracle Aesthetic Clinic dalam Mengarungi Bisnis Estetika - Maraknya bisnis estetika ditandai dengan makin banyaknya klinik kecantikan yang bermunculan di kota-kota besar. Klinik kecantikan ternama yang mampu eksis dan terus mengembangkan bisnisnya yaitu Miracle Aesthetic Clinic. Pengalaman Miracle Aesthetic Clinic yang berkecimpung di dunia estetika lebih dari 20 tahun tentu bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Apalagi di tengah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis estetika.

Bagaimana Miracle Aesthetic Clinic mampu mengembangkan brand-nya hingga menjadi yang terdepan? Menjadi klinik kecantikan terdepan di Indonesia membutuhkan perjalanan dan proses yang panjang dan itu telah dilewati oleh Miracle Aesthetic Clinic. Sederet prestasi dan penghargaan yang pernah diraih membuktikan komitmen Miracle Aesthetic Clinic untuk terus memberikan yang terbaik bagi para pelangannya.

Meski telah eksis selama lebih dari 20 tahun, Miracle Aesthetic Clinic terus melakukan berbagai macam terobosan dan strategi pemasaran untuk memantabkan posisinya. Kali ini, BiteBrands berkesempatan mewawancarai dr. Lanny Juniarti, Dipl. AAAM, President Director MIRACLE Aesthetic Clinic Group, sebagai narasumber yang membagikan rahasia kesuksesan Miracle Aestehtic Clinic.

profil sejarah kisah sukses bisnis peluang usaha miracle aesthetic clinic kantor alamat lokasi pusat cabang jakarta surabaya malang yogyakarta denpasar bandung semarang franchise tips klinik kecantikan beauty blogger vlogger review liputan media partner tips trik pemasaran marketing sales penjualan sosial media digital
dr. Lanny Juniarti, Dipl. AAAM

Interview Bersama dr. Lanny Juniarti (President Director MIRACLE Aesthetic Clinic Group)


Apa pencapaian terbaik yang pernah diraih Miracle Aesthetic Clinic selama lebih dari 20 tahun?


Berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun sejak 25 Juli 1996, MIRACLE Aesthetic Clinic dikenal sebagai perintis bisnis estetika sekaligus menjadi klinik estetika terdepan dan terpercaya di Indonesia. Hingga sekarang, MIRACLE hadir di 12 kota besar Indonesia, yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Malang, Bali, Balikpapan, Batam, Makassar, Medan, Manado, Lombok, Yogyakarta dan Semarang, dengan total 19 cabang.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh MIRACLE di 3 tahun terakhir ini diantaranya :
  • Lifetime Achievement Franchise & Business Opportunity Pioneer Brand Indonesia 2014 in Beauty Clinic Category
  • After Sales Service Award 2014 Category : Beauty Clinic, Business Excellence Award 2014
  • Klinik Kecantikan Pertama yang menjadi Pelopor dalam Pengembangan Bisnis Melalui Sistem Franchise / License dalam Rekor Bisnis (ReBi) ke-12 tahun 2014
  • The Best Aesthetic Clinic 2015 - Cosmobeaute Indonesia
  • Indonesia Digital Popular Brand Award 2015-2016 Kategori Klinik Kecantikan
  • The Best Marketing Campaigns 2016 - IFMA
  • Service Quality Golden Award 2016
  • Franchise Top of Mind 2014 & 2016

Apa yang membuat Miracle Aesthetic Clinic bisa terus berkembang dan menjadi yang terdepan?


Sesuai dengan filosofi ‘The Art Behind the Science of Aesthetic’, dimana MIRACLE menggabungkan seni dan ilmu estetika dalam menciptakan kecantikan dan keindahan wajah secara holistik dengan menggunakan metode dan teknologi inovatif dari sudut pandang estetika yang profesional dan ideal untuk membantu orang-orang mendapatkan tampilan wajah terbaik. MIRACLE menggabungkan cream program, perawatan medis oleh dokter profesional dan perawatan estetik oleh beauty therapist berpengalaman, dengan cita rasa seni yang tinggi, untuk memberikan perawatan wajah dan kulit dengan hasil optimal. MIRACLE juga sangat memperhatikan kenyamanan, keamanan, keramahan dan privasi bagi pelanggannya, yang tercakup di dalam tagline servisnya yaitu “Feel the Miracle Care”.

Apa yang membedakan Miracle Aesthetic Clinic dengan klinik kecantikan yang lain?


MIRACLE Aesthetic Clinic dikenal sebagai klinik eksklusif yang menggabungkan keahlian di bidang estetika medis dan pelayanan ala hotel bintang lima. Selain didukung oleh tim dokter profesional dan beauty therapist yang berpengalaman, MIRACLE menyediakan produk perawatan kulit wajah yang telah teruji secara klinis. Untuk memberikan hasil maksimal, MIRACLE menggunakan alat-alat canggih yang selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

Selain menjaga privasi pelanggan dengan menyediakan ruang-ruang perawatan yang terpisah dan nyaman, MIRACLE juga memprioritaskan kesehatan, memberikan perlindungan, serta rasa aman secara menyeluruh bagi pelanggan. Miracle Hygiene & Sterilization Program adalah bukti nyata MIRACLE menaruh perhatian besar pada higienitas dan sterilitas. Pemakaian alat bantu dan barang-barang penunjang yang sekali pakai (disposable) seperti alas, baju, dan spon untuk facial misalnya, adalah langkah preventif untuk menghindari kemungkinan tertular dari penyakit seperti Hepatitis dan HIV/AIDS. Tak hanya itu, semua alat yang digunakan telah disterilkan dengan autoclave yang mengacu pada standardisasi di bidang layanan kesehatan.

Bagaimana persaingan di bidang klinik kecantikan di Indonesia?


Persaingan bisnis di bidang klinik kecantikan dalam skala nasional memang semakin ketat, mengingat semakin banyaknya brand klinik kecantikan baru bermunculan. Belum lagi banyak kompetitor MIRACLE yang sudah mulai mengikuti atau meng-copy standard pelayanan dan aktivitas-aktivitas marketing yang dilakukan MIRACLE, baik dalam dunia digital maupun konvensional, bahkan meniru prosedur perawatan MIRACLE dengan bahan dan teknologi yang tidak terjamin keamanan dan hasilnya, namun overpromise.

Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Miracle Aesthetic Clinic dalam mengatasi persaingan tersebut?


MIRACLE mengaplikasikan komunikasi pemasaran terpadu (Intergrated Marketing Communication) yang bertujuan meningkatkan brand value MIRACLE. Marketing Communication ini menggabungkan peran strategis berbagai elemen komunikasi pemasaran seperti interactive marketing, advertising, sales promotion, public relations dan event.


Interactive Marketing

Dalam aktivitas Interactive Marketing, MIRACLE mempunyai berbagai social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, LINE dan LinkedIn, yang di-maintain secara rutin untuk mengkomunikasikan produk dan perawatan di MIRACLE serta corporate message dari MIRACLE, interaksi dua arah, knowledge sharing, menjawab pertanyaan follower mengenai MIRACLE dan seputar masalah kulit dan wajah, mengadakan quiz/contest untuk meningkatkan engagement dengan follower, dan lain-lain. Selain itu, website MIRACLE juga digunakan untuk meningkatkan kredibilitas bisnis MIRACLE di mata publik. Dengan website, brand MIRACLE dapat dikenal di tengah-tengah target market, membuat market mengenali produk & jasa MIRACLE dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.


Advertising

Aktivitas beriklan juga kerap dilakukan oleh MIRACLE. Seperti beriklan di koran besar, majalah nasional, media sosial (Instagram, Facebook dan Youtube), radio besar (on-air talkshow), billboard, membuat booklet sisipan eksklusif (MIRACLE FACEthetica Guide), dan lain-lain. Sedangkan untuk di internal klinik, terdapat berbagai promotion tools seperti brosur, flyer, booklet, poster, banner, billboard / signboard / neon box, dan lain-lain. Yang terpenting dalam aktivasi marketing adalah adanya integrasi antara kegiatan ATL (Above The Line), BTL (Below The Line) dan online marketing.


Loading...




Sales Promotion

MIRACLE mempunyai konsep sales promotion tematik yang unik, disesuaikan dengan konsep tahunan yang diusung oleh MIRACLE. Di tahun 2017 ini, MIRACLE menggunakan konsep terbaru Miracle 8R Facial Harmony, yaitu penanganan problem estetik di MIRACLE Aesthetic Clinic untuk menuntaskan setiap problem kulit dan wajah, yang ditangani melalui pendekatan yang menyeluruh (holistic approach), dengan mempertimbangkan 8 tujuan (8R) yang akan dicapai, yaitu Renew, Remove, Refirm, Relift, Refine, Relax, Reshape, Reduce. Jadi, untuk konsep sales promotion yang dirancang selama satu tahun ini, mengikuti tema-tema tersebut, pada jangka waktu tertentu untuk per temanya – sesuai dengan perawatan dan produk di tiap kategori tema yang hendak dipromosikan.


Public Relation

MIRACLE selalu menjalin hubungan baik dengan para stakeholder, termasuk dengan rekan media, melalui news release, press conference, liputan, media visit dan lain-lain. Selain itu, MIRACLE juga kerap menciptakan campaign yang memuat pesan bermanfaat agar membuat orang-orang ingin menyebarkannya. Pada tahun 2016, tepat saat MIRACLE berusia 20 tahun, MIRACLE meluncurkan campaign #UnveilYourMasterpiece. Diawali dari keyakinan MIRACLE bahwa tiap individu sejatinya telah memiliki potensi terbaik di dalam dirinya, baik dari tampilan fisik maupun bakat dan kepribadian.

Namun, sayangnya tidak setiap individu menyadari, mampu menemukan, bahkan dengan percaya diri menampilkan versi terbaiknya. Karena itu, MIRACLE mengusung tema campaignUnveil Your Masterpiece”, dengan tujuan menginspirasi sekaligus mengajak setiap individu untuk menemukan dan menampilkan ‘versi terbaik’ (masterpiece) di dalam dirinya masing-masing, melalui sentuhan-sentuhan keajaiban bagi tiap individu sebagai sebuah karya seni terbaik. 

Campaign ini juga merupakan langkah MIRACLE untuk menginspirasi generasi Indonesia agar sebagai anak bangsa terus berupaya menemukan seluruh potensi dirinya dan dengan berani dan penuh percaya diri menampilkannya dalam karya dan kiprahnya membawa harum nama Indonesia . Untuk itulah, MIRACLE saat itu berkolaborasi dengan Angkie Yudistia, Founder & CEO Thisable Enterprise, dalam rangka mewujudkan campaign ini, dalam bentuk video inspiratif (https://www.youtube.com/watch?v=djT19BC-NGE).


• Event

MIRACLE rutin mengadakan event dan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan, seperti dalam bentuk community event, joint event, sponsorship, pameran dan lain-lain.

Apa tantangan terbesar yang dihadapi Miracle Aesthetic Clinic dalam upaya mengembangkan bisnisnya?


Situasi makro ekonomi Indonesia yang dalam dua tahun terakhir mengalami penurunan. Selain itu, tingkat persaingan di bidang klinik kecantikan yang semakin tinggi, dengan bertambahnya pesaing-pesaing baru setiap harinya. Kondisi ini tentu berbeda dengan kondisi saat MIRACLE pertama kali berdiri hampir 21 tahun yang lalu. Namun, MIRACLE tetap optimis untuk dapat terus mengembangkan bisnis dengan melakukan berbagai upaya.

Bagaimana mengatasi hambatan yang dihadapi Miracle Aesthetic Clinic tersebut?


Terus berupaya untuk selalu kreatif dalam melakukan inovasi dan pengembangan dalam segala bidang. Baik dari segi sistem teknologi informasi, produk dan perawatan estetik yang selalu mengikuti perkembangan terkini, juga kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).

Bagaimana perkembangan outlet Miracle Aesthetic Clinic yang tersebar di beberapa kota di Indonesia?


MIRACLE pertama kali dibuka di Jl. Bengawan No. 39, Surabaya, pada 25 Juli 1996. Kini MIRACLE hadir di 12 kota besar Indonesia, yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Malang, Bali, Balikpapan, Batam, Makassar, Medan, Manado, Lombok, Yogyakarta dan Semarang, dengan total 19 cabang. Sebanyak 8 klinik adalah cabang franchise sejak tahun 2003 yaitu dimulai dari MIRACLE Kuta, kemudian MIRACLE Batam, Makassar, Medan, Lombok, Manado,Yogyakarta dan Semarang.


Apakah Miracle Aestehtic Clinic berencana melakukan ekspansi ke luar negeri?



MIRACLE mempunyai rencana untuk memperluas pasar hingga luar negeri, tentunya diperlukan perencanaan strategis yang matang. Kami harapkan dapat segera diwujudkan dalam waktu dekat.


Langkah apa yang dilakukan Miracle Aesthetic Clinic dalam meraih loyalitas pelanggan?



  • Memberikan pelayanan terbaik untuk meraih kepuasan pelanggan. Diharapkan pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal.
  • Menyemangati setiap staf MIRACLE untuk berinisiatif memberikan pengalaman yang unik, personal dan tak terlupakan kepada setiap pelanggan, sesuai dengan brand tagline MIRACLE : Experience the miracle touch.
  • Menyediakan media komunikasi yang dekat dan mudah diakses oleh pelanggan seperti BBM, WhatsApp, Line, Instagram dan lain-lain.
  • Membuat program membership yang menarik dan membuat pelanggan ingin terus berkunjung ke MIRACLE dan berpartisipasi dalam program-program yang dibuat oleh MIRACLE.
  • Memberikan respon secepat mungkin kepada pelanggan yang bertanya atau membutuhkan informasi / bantuan, baik secara langsung maupun melalui media sosial.
  • Menerima masukan / saran / kritik dari pelanggan dan menanggapinya dengan positif dan responsif.
  • Memberikan edukasi mengenai perawatan dan produk yang diberikan MIRACLE kepada pelanggan, maupun edukasi mengenai pengetahuan umum seputar kulit dan kecantikan serta lifestyle yang baik.

Apa Program CSR yang pernah dilakukan Miracle Aesthetic Clinic?


Salah satu nilai dalam budaya korporasi MIRACLE adalah Social Concern, yaitu berperan serta dalam kehidupan sosial. Sebagai bentuk kepedulian MIRACLE yang bukan hanya ditujukan kepada pelanggannya, namun juga kepada masyarakat Indonesia secara luas, MIRACLE meluncurkan program kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Believe in MIRACLE: The MIRACLE Touch for a Happy Healthy Home” pada tahun 2014-2015. Melalui program ini, MIRACLE bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia untuk ikut serta dalam membantu keluarga miskin di daerah pedesaan untuk dapat memiliki rumah layak huni, sehingga memberikan dasar yang kuat supaya mereka dapat tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan kehidupan mereka, serta memberi mereka masa depan yang lebih baik.

Sedangkan pada tahun 2016, MIRACLE melanjutkan kerjasama dengan Yayasan Citra Baru Surabaya yang terjalin sejak tahun 2013, dengan program CSR “Better Face for the Better Future”. MIRACLE kembali berkontribusi dalam membantu pengobatan para penderita cacat wajah atau craniofacial melalui Yayasan Citra Baru Surabaya, sebuah yayasan non profit yang membantu operasi anak-anak dan remaja kurang mampu di Indonesia yang mempunyai kelainan pada struktur wajah dan kepala. Implementasi bantuan dana operasi bagi para penderita craniofacial ini sesuai dengan misi MIRACLE yang membantu banyak orang memperoleh tampilan wajah terbaiknya untuk mencapai tingkat kualitas hidup tertinggi.

Apa inovasi paling mutakhir yang dilakukan Miracle Aesthetic Clinic dalam mengembangkan produknya?


Saat ini, prosedur perawatan wajah tanpa operasi / bedah (non invasive) semakin populer di kalangan masyarakat karena mampu memberikan hasil dengan cepat, mudah, aman dengan harga yang masih terjangkau. Perawatan ini tanpa luka, sakit yang minim dan pasien dapat langsung beraktivitas normal seusai perawatan. Karena itulah, MIRACLE menciptakan Miracle 8R Facial Harmony, yang merupakan suatu konsep penanganan problem estetik di MIRACLE Aesthetic Clinic untuk menuntaskan setiap problem kulit dan wajah, yang ditangani melalui pendekatan yang menyeluruh (holistic approach), dengan mempertimbangkan 8 tujuan (8R) yang akan dicapai, yaitu Renew, Remove, Refirm, Relift, Refine, Relax, Reshape, Reduce. Hasil akhirnya, tidak saja bebas dari problem yang dikeluhkan, melainkan juga akan didapatkan tampilan estetik yang lebih sehat, ideal, proporsional dan awet muda.

Demikian petikan wawancara eksklusif BiteBrands dengan dr. Lanny Juniarti, Dipl. AAAM, President Director MIRACLE Aesthetic Clinic Group melalui surat elektronik. Kesuksesan yang telah digapai bukan berarti alasan untuk berpuas diri. Sebaliknya, kesuksesan bisnis merupakan titik awal untuk menggapai prestasi lebih baik lagi. (bitebrands)


MIRACLE Aesthetic Clinic


Website: www.miracle-clinic.com
Facebook: Miracle.Aesthetic.Clinic
Instagram: @miracle_clinic
Twitter: @Miracle_Clinic
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.