Inilah 6 Brand Smartphone Lokal Asli Indonesia

Inilah 6 Brand Smartphone Lokal Asli Indonesia - Kehadiran teknologi informasi seperti smartphone banyak membantu dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Lewat gawai kesayangan dan aplikasi yang terpasang di dalamnya, siapapun bisa berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia manapun. Jarak yang jauh bukan lagi menjadi halangan dan itu berkat teknologi informasi yang canggih semacam smartphone.

Penggunaan smartphone yang semakin meluas menjadi lahan subur bagi perusahaan teknologi informasi maupun operator seluler. Para produsen menghadirkan beragam model smartphone dengan spesifikasi yang mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen. Bisa dibilang, merek smartphone luar masih mendominasi pasar dalam negeri terutama yang berasal dari Tiongkok, Amerika Serikat maupun Korea Selatan.


Loading...



Meski demikian, kiprah brand smartphone lokal asli Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa produsen atau vendor smartphone dalam negeri mampu menunjukkan taringnya dengan meluncurkan produk-produk hape andalannya. Beberapa di antaranya sudah bisa memasarkan produknya ke dunia internasional walau masih terbatas pada pasar Asia Tenggara.

Merek smartphone lokal apa yang paling bagus? Setiap produk smartphone lokal yang diluncurkan tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Umumnya, merek hape lokal lebih terjangkau dari sisi harga karena dipatok lebih murah daripada merek luar. Namun, produsen smartphone lokal tentu tak mau mempertaruhkan namanya dan tetap mengutamakan kualitas terbaik dari produk-produk yang diluncurkannya.

Merek-merek Handphone Lokal Indonesia


1) Merek Smartphone Indonesia - Advan


via waktoe.com

Berdiri sejak tahun 2000, Advan terus menggenjot performanya dengan melakukan berbagai macam inovasi lewat produk-produk berteknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Brand lokal ini menyediakan beragam produk elektronik dan komputer termasuk di antaranya smartphone. Advan memiliki model-model hape terbaru yang bisa disesuaikan dengan usia mulai dari anak-anak, remaja, profesional, usia matang hingga ibu rumah tangga.

Model smartphone terbaru yang menjadi andalan Advan yaitu G1 yang menggunakan lensa premium Largan Precision kelas dunia. Advan G1 disokong kamera depan 13MP dengan apperture f2.0 dan kamera belakang 8MP dengan bukaan f2.2 dan disertai sensor premium untuk menghasilkan gambar foto yang cerah dan tajam. Untuk penggemar foto selfie, Advan G1 menyediakan fitur shake to selfie dan fingerprint to shoot.

Dari segi suara, Advan G1 memiliki speaker premium dalam ruang akustik titanium dan smart amplifier untuk menghasilkan suara bass yang solid. Advan G1 juga memberi keleluasaan bagi para gamers untuk bermain dengan fasilitas VR 360° lewat hardware Gyroscope Censor yang memberikan pengalaman visual mengagumkan. Tak cuma itu, Advan juga menyediakan model-model smartphone paling baru seperti Advan i4D, Advan S5E, Advan i5C, Advan S4T, Advan i5E, dan sebagainya.

2) Merek Smartphone Indonesia - Evercoss


via tribunews.com

Awalnya, brand smartphone asal Indonesia ini bernama Cross Mobile Phone dan berganti menjadi Evercoss sejak tahun 2013. Evercoss berada di bawah naungan PT.Aries Indo Global dan memiliki pabrik perakitan di daerah Semarang, Jawa Tengah. Sebagai produsen smartphone lokal, PT.Aries Indo Global bercita-cita membawa Evercoss ke kancah internasional terutama di kawasan Asia Tenggara.

Smartphone Evercoss yang recommended yaitu Evercoss Elevate Y2 Power yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi penggemar fotografi. Dengan kamera depan 13MP dan kamera belakang 8MP serta sensor kamera dari Sony beresolusi tinggi, Elevate Y2 Power mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan fokus. Performa Elevate Y2 Power lebih maksimal dengan prosesor Quad Core 1.3 GHz, RAm 2GB, dan ROM 16GB.

Fasilitas unggulan Elevate Y2 Power lainnya yaitu baterai 600 mAh yang dilengkapi dengan Quick Charge. Pengguna ponsel tidak perlu khawatir akan cepat kehabisan daya saat membuka berbagai macam aplikasi dengan daya baterai sebesar itu. Smartphone unggulan Evercoss lainnya yang jadi favorit di antaranya yaitu Winner Y Ultra, Winner T Selfie, dan Evercoss One X. Selain itu, masih banyak model-model hape Evercoss dengan harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3) Merek Smartphone Indonesia - Polytron


via beritateknologi.com

Merek elektronik asli Indonesia Polytron sudah berdiri sejak tahun 1975 dan memusatkan pabriknya di daerah Jawa Tengah. Polytron yang berada di bawah naungan PT Hartono Istana Teknologi merupakan pemain lama dalam produk-produk elektronik dan tak mau ketinggalan memproduksi smartphone dengan teknologi terbarunya.

Salah satu inovasi Polytron yaitu sistem Android yang dinamakan Fira OS. Software rancangan Polytron itu dipasang di rangkaian produk Zap 6 yaitu Posh Note (4G551), Posh(4G501), Note (4G550), Cleo (4G500) dan Power (4G502). Kelima produk Polytron seri Zap 6 yang disokong dengan teknologi 4G LTE itu dibanderol dengan harga Rp. 1,6 - Rp. 2 jutaan yang mulai dipasarkan pada awal tahun 2016.

Produk smartphone unggulan Polytron lainnya yaitu Prime 7s dengan kualitas premium yang diluncurkan akhir tahun 2016. Model hape Prime 7s menampilkan bodi tipis dengan balutan glass body dan metal frame yang berkesan eksklusif. Prime 7s mengandalkan Fira OS seperti model hape sebelumnya, RAM 3GB, memori internal 64GB , prosesor Octa Core 2 GHz, Helio P10 64 bit untuk memaksimalkan kinerja. Fasilitas Prime 7s lainnya yaitu kamera utama 16MP, Fira TV untuk menampilkan video streaming 24 jam non stop.


Loading...



4) Merek Smartphone Indonesia - Smartfren


via viva.co.id

PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) merupakan operator seluler penyedia layanan internet 4G LTE gabungan dari tiga perusahaan yaitu PT Smart Telecom Tbk (Smart), PT Mobile-8 Telecom Tbk (Fren), dan  PT Bakrie Telecom Tbk (Esia). Layanan intenet 4G LTE yang disediakan oleh Smartfren diklaim memiliki jaringan terluas yang mampu menjangkau ratusan kota di Indonesia.

Untuk menjawab kebutuhan  pengguna gadget yang sangat tinggi di Indonesia Smartfren menawarkan paket data 4G tanpa batasan kecepatan dan kuota untuk mereka yang menginginkan koneksi internet super cepat. Selain itu, Smarfren juga menyediakan kartu perdana dan isi ulang baik prabayar maupun pascabayar serta layanan internasional untuk pengguna ponsel.

Sebagai penyedia layanan teknologi informasi, Smartfren tak ketinggalan memproduksi smartphone dengan berbagai macam model dan spesifikasi, modem, serta router. Smartphone andalan Smartfren yang terbilang murah yaitu rangkaian Andromax 4G LTE yang meliputi Andromax R Special Edition, Andromax A, Andromax E2+, Andromax R2, Andromax E2, Andromax R, Andromax Qi, Andromax Q, Andromax Es, dan Andromax Ec.

5) Merek Smartphone Indonesia - Axioo


via techno.id

Axioo dikenal sebagai brand elektronik seperti laptop, notebook, smartphone, dan laptop serta perlengkapan komputer. Brand elektronik ini merupakan produk lokal asli Indonesia yang sudah beredar di pasaran sejak tahun 2004 yang kantornya berada di Singapura. Meski demikian, Axioo tetap menggarap Indonesia sebagai pasar utama sembari membidik Asia Tenggara untuk memperluas pangsa pasarnya.

Smartphone andalan Axioo di antaranya yaitu M5C yang dilengkapi prosesor Quad Core 1.3 Ghz, dipadukan dengan RAM 1GB, dan memori 5GB untuk kinerja yang optimal. Layar sebesar 5" dengan resolusi 320 dpi membuat Axioo M5C menjadikan gambar yang tampil pada layar lebih tajam dan memukau.

Bagian luarnya, Axioo M5C dilapisi dengan frame metal yang memberi kesan elegan dan ekslusif. Untuk penggemar foto selfie, Axioo M5C memiliki front camera flash light. Kamera Axioo M5C menggunakan Structur Black Illuminated yang mampu menerima cahaya lebih banyak dan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan cerah. Model smartphone Axioo lainnya yang bisa menjadi pilihan yaitu Picophone M4S, Picophone i1, Picophone M4P+, Picophone M4U+, Picophone M4, Picophone L1, Picophone M3, Venge X, dan M5.

6) Merek Smartphone Indonesia - Mito


via kabarbisnis.com

Vendor smartphone lokal Indonesia MITO Mobile berdiri sejak tahun 2014 dan memusatkan produksinya di daerah Tangerang. Untuk bersaing di pasar ponsel pintar, Mito menggunakan teknologi canggih yang mengikuti perkembangan zaman. Merek lokal seperti Mito menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang mencari hape murah dengan harga di bawah 1 atau 2 juta namun dengan kualitas yang bagus.

Harga murah yang dipatok Mito memang ditujukan bagi pasar low end yang menjadi target sasaran utama seperti halnya merek hape lokal lainnya. Dari segi spesifikasi, Mito memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi referensi bagi sobat sebelum melakukan pembelian.

Produk teranyar Mito yang banyak dicari misalnya Fantasi Note A33 dengan layar LCD sebesar 6 inchi dan disokong berbagai fasilitas unggulan seperti memori 8GB, prosesor Quad Core 1.3GHz, kamera depan 5MP dan kamera belakang 13MP. Model smartphone Mito lainnya yaitu Mito Fantasy A50, Mito A95, Mito A90, Mito A355, Mito A800, dan sebagainya.

Serbuan merek-merek smartphone dari luar negeri merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh brand smarphone lokal. Secanggih apapun teknologi yang dihadirkan oleh brand smartphone lokal tak begitu berarti jika tidak mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mendukung merek-merek hape dalam negeri agar mampu bersaing dan memasarkan produknya ke pasar internasional.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.