Cara Menjual Produk Melalui Sales Promotion Girls (SPG)
Cara Menjual Produk Melalui Sales Promotion Girls (SPG) - Setiap pengusaha atau pebisnis tentu mengharapkan produk atau jasa yang ditawarkan laku dan laris terjual sesuai target yang telah ditetapkan. Cara menjual produk bisa secara online melalui teknologi internet atau secara langsung kepada konsumen. Untuk menjual produk secara langsung dibutuhkan beberapa tenaga atau sumber daya manusia yang berhubungan langsung dengan konsumen. Tenaga inilah yang berperan mendongkrak penjualan melalui aktivitas pemasaran.
Salah satu tenaga yang diperlukan untuk menjual produk secara langsung, yaitu sales promotion girl (SPG). Istilah lainnya yaitu pramuniaga. Mungkin sobat sering mendengar istilah SPG atau melihatnya ketika sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau pameran. Ya, SPG sering kita temui umumnya di tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, atau event-event promosi. Di tempat-tempat ramai tersebut, mereka berburu konsumen agar produknya laris terjual.
Sebenarnya apa sih SPG itu? SPG merupakan profesi yang berperan sebagai tenaga penjual yang memasarkan produk secara langsung kepada konsumen. Dan, sesuai namanya tenaga ini pastilah berjenis kelamin perempuan. Istilah SPG digunakan karena ada perbedaan karakter gender dengan tenaga penjual pria atau yang disebut dengan sales promotion boy (SPB).
Umumnya, SPG mempunyai beberapa kriteria dan kualifikasi yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan. Beberapa kriteria SPG yaitu berusia muda, berwajah cantik manis dan berpenampilan menarik. Kriteria itu diperlukan bagi seorang SPG karena mereka langsung berhadapan dengan konsumen. Tujuannya, untuk menarik calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Namun, menjadi SPG bukan sebatas wajah cantik, tubuh yang ideal, dan penampilan yang menarik semata. Seorang SPG dituntut memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi, mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, percaya diri serta mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Pengetahuan yang bagus dan mendalam tentang produk yang ditawarkan (product knowledge) menjadi satu hal penting yang wajib dimiliki oleh SPG. Hal itu diperlukan karena SPG harus mampu membujuk dan membangkitkan motivasi konsumen untuk membeli produk serta harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang produk yang diajukan oleh konsumen.
Bagi perempuan terutama yang masih duduk di bangku kuliah atau mahasiswi, SPG menjadi profesi yang sering diincar. Motivasi perempuan muda itu menjadi SPG itu bisa bermacam-macam. Mulai dari mencari penghasilan tambahan, mencari pengalaman kerja, mengisi waktu luang atau melatih mental dan kepribadian. SPG dipilih oleh mahasiswi karena profesi ini dapat dijalankan secara paruh waktu (part time) sehingga tidak mengganggu aktivitas kuliah mereka.
Lepas dari motivasi seseorang menjadi SPG, yang pasti profesi ini tak pernah sepi dari minat para pencari kerja. Lowongan kerja sebagai SPG banyak kita temukan di surat kabar atau situs pencari kerja online. SPG banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan bonafid yang sering mengadakan event-event promosi. Melalui SPG yang berkompeten, target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan diharapkan dapat tercapai.
Salah satu tenaga yang diperlukan untuk menjual produk secara langsung, yaitu sales promotion girl (SPG). Istilah lainnya yaitu pramuniaga. Mungkin sobat sering mendengar istilah SPG atau melihatnya ketika sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau pameran. Ya, SPG sering kita temui umumnya di tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, atau event-event promosi. Di tempat-tempat ramai tersebut, mereka berburu konsumen agar produknya laris terjual.
Pengertian, Definisi, Arti SPG
Sebenarnya apa sih SPG itu? SPG merupakan profesi yang berperan sebagai tenaga penjual yang memasarkan produk secara langsung kepada konsumen. Dan, sesuai namanya tenaga ini pastilah berjenis kelamin perempuan. Istilah SPG digunakan karena ada perbedaan karakter gender dengan tenaga penjual pria atau yang disebut dengan sales promotion boy (SPB).
Umumnya, SPG mempunyai beberapa kriteria dan kualifikasi yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan. Beberapa kriteria SPG yaitu berusia muda, berwajah cantik manis dan berpenampilan menarik. Kriteria itu diperlukan bagi seorang SPG karena mereka langsung berhadapan dengan konsumen. Tujuannya, untuk menarik calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Loading...
Gambar: otomotif.news.viva.co.id |
Namun, menjadi SPG bukan sebatas wajah cantik, tubuh yang ideal, dan penampilan yang menarik semata. Seorang SPG dituntut memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi, mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, percaya diri serta mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Pengetahuan yang bagus dan mendalam tentang produk yang ditawarkan (product knowledge) menjadi satu hal penting yang wajib dimiliki oleh SPG. Hal itu diperlukan karena SPG harus mampu membujuk dan membangkitkan motivasi konsumen untuk membeli produk serta harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang produk yang diajukan oleh konsumen.
Bagi perempuan terutama yang masih duduk di bangku kuliah atau mahasiswi, SPG menjadi profesi yang sering diincar. Motivasi perempuan muda itu menjadi SPG itu bisa bermacam-macam. Mulai dari mencari penghasilan tambahan, mencari pengalaman kerja, mengisi waktu luang atau melatih mental dan kepribadian. SPG dipilih oleh mahasiswi karena profesi ini dapat dijalankan secara paruh waktu (part time) sehingga tidak mengganggu aktivitas kuliah mereka.
Lepas dari motivasi seseorang menjadi SPG, yang pasti profesi ini tak pernah sepi dari minat para pencari kerja. Lowongan kerja sebagai SPG banyak kita temukan di surat kabar atau situs pencari kerja online. SPG banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan bonafid yang sering mengadakan event-event promosi. Melalui SPG yang berkompeten, target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan diharapkan dapat tercapai.
Loading...
Post a Comment