Logo UEFA EURO 2012: Bunga-bunga Mekar dan Bersemi

Logo UEFA EURO 2012: Bunga-bunga Mekar dan Bersemi - Turnamen sepakbola empat tahunan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggila bola setelah Piala Dunia (World Cup). UEFA EURO diselenggarakan oleh Asosiasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) dan telah berlangsung sejak 1960.

Bermarkas di Nyion, Swiss, UEFA berdiri tahun 1954 dan saat ini mempunyai anggota sebanyak 53 negara. UEFA merupakan yang terbesar dari enam (6) konfederasi benua di bawah naungan FIFA (Federation Internationale de Football Association). UEFA EURO dilaksanakan secara bergantian di negara-negara anggota UEFA.

Sejak tahun 2000, untuk yang yang pertama kalinya, UEFA EURO diselenggarakan di dua (2) negara bertetangga, yaitu Belanda dan Belgia. Trend tersebut terus berlanjut, turnamen yang terakhir, tahun 2008, diselenggarakan di Swiss dan Austria. Tahun 2012, dua negara bertetangga di bagian Eropa Tengah dan Timur yaitu Polandia dan Ukraina adalah tuan rumah bersama.

Desain: Brandia Central

Logo UEFA EURO 2012 kali ini menampilkan bunga yang bermekaran sebagai simbol utama dengan slogan “Creating History Together”. Tujuan utama logo adalah memberikan UEFA EURO kepribadian unik dan mempromosikan turnamen melalui identitas visual yang mudah dikenali serta mewakili tuan rumah. Identitas visual tersebut diaplikasikan melalui materi promosi dalam berbagai media.

Terinspirasi dari seni kertas tradisional ‘wycinanka’ yang dipraktikkan di Polandia dan Ukraina sebagai referensi kultural, logo merupakan representasi visual dari kedua negara tersebut. Logo terdiri dari beberapa elemen grafis. Bunga yang bermekaran di kedua sisi merupakan representasi kedua negara tuan rumah. Representasi tersebut ditekankan melalui penggunaan warna bendera kedua negara.

Bola di bagian tengah adalah simbol emosi dan semangat kompetisi sepakbola, sementara batang merupakan representasi aspek struktural kompetisi. Elemen grafis bunga dan bola menampilkan simbol manusia yang menggambarkan aspek humanisme turnamen, kegembiraan, perayaan, sportivitas, gegap gempita. (bitebrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.