Kamis, 24 Januari 2013

Logo Baru Kacang Dua Kelinci

Menjadi teman di saat santai, kacang adalah makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai camilan, kacang juga menjadi bahan untuk masakan. Dapat dimakan langsung atau diolah lagi menjadi makanan seperti keripik.

Kacang Dua Kelinci, siapa tidak kenal dengan merek ini. Bermula dari kios kecil, Dua Kelinci kini menjadi salah satu merek kacang terkemuka di Indonesia.

Awalnya pada tahun 1972, dimulai dari usaha repacking atau pengemasan kembali kacang garing dengan nama Sari Gurih. Sejak saat itu, perusahaan mulai berkembang dan produknya banyak ditemui di toko-toko. Produk kacang Sari Gurih mendapat respon positif.

Masyarakat pun antusias membeli produk tersebut. Mereka tidak menyebut kacang Sari Gurih namun dua kelinci. Karena itulah, kacang Dua Kelinci kini lebih dikenal dan dijadikan nama merek sejak tahun 1985.


Desain (before): n/a
Desain (after): n/a

Tidak hanya pengemasan, perusahaan pun berkembang dan berganti bidang usaha menjadi pemrosesan kacang dengan peralatan canggih dan modern. Melalui berbagai upaya riset dan pengembangan, produk-produknya pun semakin bervariasi.

Logo kacang Dua Kelinci yang digunakan pada saat itu mempunyai kisah yang unik. Pada suatu ketika, Hadi Sutiono, sang pemilik, pergi memancing. Pada saat memancing, didapati dua ikan melompat dari air. Pertanda baik bagi sang pemilik.

Bermula dari kisah itu, lahirlah desain logo berupa gambar dua ekor kelinci duduk di atas sebuah kacang sedang memancing dengan dua ekor ikan yang melompat dari air. Selama beberapa dekade, logo tersebut menjadi ikon kacang Indonesia.

Kini, logo yang bernilai historis tersebut telah berganti. Kacang Dua Kelinci meluncurkan logo baru. Masih mempertahankan ikon berupa dua ekor kelinci, dengan tampilan desain yang lebih sederhana dan berkesan modern.

Logo baru kacang Dua Kelinci berupa simbol dua ekor kelinci yang menghadap ke arah kanan, dengan bagian atas kelinci berupa ruang positif dan kelinci yang lebih kecil di bawah berupa ruang negatif. Tipografi lama masih tetap dipertahankan.

Perubahan tersebut merupakan sebuah kemajuan. Logo baru kacang Dua Kelinci yang sederhana lebih mudah diaplikasikan pada berbagai media. Ketika logo baru dikecilkan masih terlihat karakter unik dan bentuk spesifiknya. Selain lebih mudah diingat, logo baru juga tidak terlalu banyak elemen grafis yang kurang penting seperti pada logo lama.




0 komentar:

Poskan Komentar