Kamis, 10 Februari 2011

Huruf Sebagai Gambar

Waktu ditemukannya bahasa tulisan, sejak saat itulah manusia memasuki era sejarah. Berbicara mengenai bahasa tulisan, kita tidak dapat melupakan apa yang dikenal dengan huruf. Selama berabad-abad lamanya, huruf telah mengalami berbagai macam evolusi yang mewarnai dan memperkaya peradaban umat manusia.

Huruf tidak hanya sebatas tanda yang bisa dibunyikan dan membentuk kata atau kalimat tertentu. Lebih dari itu, huruf juga merupakan media penyampai gagasan atau ide. Melalui huruf, sebuah peristiwa dapat didokumentasikan melalui media cetak sehingga peristiwa tersebut menjadi bagian dari sejarah manusia.

Sebagai media penyampai gagasan, huruf sangat terbuka terhadap eksplorasi visual, dapat dimodifikasi dan direkonstruksi sehingga mempunyai kualitas piktorial yang melampaui bentuk huruf itu sendiri dan menjadi gambar. Dengan kata lain, huruf adalah gambar yang mengandung makna tertentu dan dapat menjadi simbol yang merupakan representasi dari suatu ide.

Huruf yang juga merupakan gambar adalah supersign, yaitu tanda kompleks yang mengandung lebih dari satu tanda dalam satu kombinasi gestalt. Membuat huruf menjadi gambar berarti mendefinisikan hubungan sederhana antara bentuk intrinsik huruf dan ide visual yang lain.

Penggambaran (Pictorialization)
Huruf telah digambar (pictorialized) ketika huruf merupakan representasi objek dalam dunia nyata atau gambaran dari pengalaman aktual.


















Desain: Gardner Design

Kata di atas digambar dengan kumpulan bentuk sinar sehingga mempunyai kualitas sintaksis dan relasi yang kuat dengan kata serta mempertegas makna kata. Kumpulan bentuk sinar yang membentuk kata tersebut mengambil referensi dunia nyata dan mendeskripsikan kata secara lebih jelas.

Perubahan Bentuk
Strategi atau cara lain mengubah huruf menjadi gambar adalah dengan melakukan perubahan karakteristik strukural elemen huruf. Perubahan tersebut bisa berupa distorsi, modifikasi struktur dan ukuran elemen huruf secara sebagian atau keseluruhan.



















Desain: n/a

Struktur huruf dibentuk dari beberapa bentuk geometris dengan kombinasi warna yang kontras. Huruf menjadi lebih konstruktif dengan tingkat keterbacaan yang rendah namun merupakan contoh eksplorasi dan eksperimentasi huruf yang bagus.

Substitusi Bentuk
Banyak objek nyata mempunyai kesamaan secara struktur visual dengan huruf. Substitusi dilakukan dengan mengganti bentuk huruf dengan objek, tanda atau simbol yang mudah dikenali bentuknya sehingga penglihat mudah mengasosiasikan objek pengganti tersebut dengan huruf.


















Desain: n/a

Dua huruf ‘i’ yang saling berdekatan digambarkan sebagai simbol dua manusia yang saling berhadapan. Simbol tersebut dapat diartikan atau melambangkan perusahaan yang humanis, mudah didekati, dan berorientasi pada pelayanan yang baik.

Dekonstruksi Sintaksis
Adanya perubahan hubungan visual di antara bagian-bagian huruf merupakan bentuk dekonstruksi yang mengarah pada penciptaan makna baru. Karakter dekonstruksi ialah manipulasi atau distorsi pada bagian huruf yang bersifat spontan, intuitif dan tidak terduga.


















Desain: n/a

Penataan huruf yang tidak beraturan mengarahkan pandangan mata ke arah kiri dan kanan. Melalui dekonstruksi, kata terbuka terhadap adanya pemaknaan baru.

Penyertaan Gambar
Sebuah elemen ilustratif dapat disertakan dengan tetap menjaga bentuk esensial huruf. Penyertaan tersebut membuat gambar menjadi bagian tak terpisahkan dari huruf sehingga makna semakin diperkaya.


















Desain: MakkiMakki

Sebuah simbol berupa kepala rajawali disertakan dalam huruf ‘R’ yang merepresentasikan nama perusahaan. Sementara, garis merah horisontal mengaitkan antara huruf satu dengan yang lain.

Ornamentasi
Huruf dapat didekorasi melalui penambahan ornamen yang berupa: garis, titik, bentuk geometris, border, dingbat, dan lainnya. Ornamen dapat bersifat simbolis sehingga mempengaruhi makna kata.


















Desain: Duffy&Partners

Gaya ornamen di sekeliling huruf yang mempunyai konteks historis mengarahkan persepsi penglihat pada periode tertentu. Penambahan elemen grafis berupa ornamen tersebut memungkinkan adanya perluasan makna kata.

0 komentar:

Poskan Komentar