Michelle Phan, Blogger Kecantikan Mendunia yang Berawal dari Waitress Restoran

Michelle Phan, Blogger Kecantikan Mendunia yang Berawal dari Waitress Restoran — Menggapai kesuksesan tidaklah semudah mengunyah permen karet lalu membuangnya. Ada berbagai lika liku jalan buntu yang harus dilewati untuk mencapai tujuan utama. Untuk mencapai titik tersebut pun ada satu proses di mana apa yang selama ini kamu pegang harus rela dilepas demi tekad untuk perubahan yang lebih kuat. Tentu proses itu tidaklah mudah untuk dilakukan. Butuh pemikiran yang matang untuk melepasnya.

Langkah matang itu juga dilakukan oleh seorang Michelle Phan sebelum setenar sekarang. Pertimbangan demi pertimbangan pun telah dilewati oleh wanita berwajah oriental ini. Tapi tampaknya kemauan kuat telah mengalahkan segalanya. Dunia kecantikan adalah passion yang selama ini dia incar-incar.


Loading...



So, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan di dunia vlogger intip profil Michelle Phan yang telah mampu memiliki brands kosmetik sendiri. Siapa tahu kamu menjadi vlogger terkenal selanjutnya. Who knows?

Berawal Dari Waitress


Butuh tekad yang besar serta keputusan yang pasti demi menuju tujuan utama. Tidak sedikit orang-orang sukses telah mencicipi pahit, asam, manis rasa kehidupan. Apalagi sampai bekerja dari nol untuk meraup kesuksesan itu sangatlah sulit. Tapi bukan berarti kesulitan itu menjadi penghalang untuk menjadi sukses, asal dimodali tekad dan usaha yang besar maka sedikit demi sedikit kesuksesan itu akan jatuh ke tangan kamu. Menurut Phan, kesuksesan itu sama sekali tidaklah mahal. Setiap orang bisa mencapai kesuksesan itu dengan cara mereka masing-masing, tergantung bagaimana mereka mendefinisikannya dengan cara masing-masing.

Michelle Phan contohnya. Mengawali karir sebagai waitress di restoran demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tapi pekerjaan itu harus rela dilepas karena passion di dunia makeup lebih kuat. Ini pun diperjelas oleh Phan ketika memutuskan untuk berhenti bekerja di restoran. Untuk menggapai apa yang kamu inginkan maka harus bersiap-siap menerima risiko kehilangan segalanya agar bisa berinvenstasi sesuai dengan apa yang kamu yakini. Oleh karenanya, Phan terjun ke dunia YouTube untuk mencoba peruntungan di sana agar bisa membantu perekonomian keluarga.

kisah cerita sukses inspirasi michelle phan beauty vlogger blogger terkenal populer dunia review produk kecantikan kosmetik makeup sejarah profil ipsy perusahaan bisnis tips youtuber video tutorial buku
Gambar via shout.sg

Memiliki Orang Tua Super


Tidak banyak yang tahu mengenai perjalanan hidup keluarga Phan. Perjuangan demi perjuangan harus dilewati wanita asal Vietnam ini. Mengutip dari abcnews, kesuksesan yang didapatnya hingga kini pun tidak lepas dari peran seorang ibu. Seseorang yang mampu membuatnya mengambil risiko berat setelah sang ibu mengatakan bahwa anaknya harus memiliki potensi yang lebih daripadanya. Seorang wanita Vietnam yang hijrah ke Amerika dengan bermodal dengan duit pas-pasan ini telah banyak menginspirasi Michelle Phan. Ditambah lagi dengan peperangan yang telah menghancurkan kota indah tersebut. Menurut Al Jazeera, tekad sang ibu semakin kuat hijrah ke negara milik Donald Trump itu setelah mampu melarikan diri menggunakan sebuah kapal saat ditembak. Di sisa hidupnya pun dia telah menghabiskan waktunya demi menjadi ahli kecantikan dan penghias kuku.

kisah cerita sukses inspirasi michelle phan beauty vlogger blogger terkenal populer dunia review produk kecantikan kosmetik makeup sejarah profil ipsy perusahaan bisnis tips youtuber video tutorial buku
Gambar via america.aljazeera.com

Pada tanggal 11 April 1987 di Boston, Massachusetts, lahirlah Phan dari sepasang warga asli Vietnam yang juga memiliki saudara seorang kakak laki-laki bernama Steve Phan. Namun sang ibu harus terlanjur patah hati ketika suami tercinta tiba-tiba pergi meninggalkan mereka tanpa alasan yang jelas.

Vlogger yang Mendunia


Kesuksesan Phan dalam menarik hati penikmat video tutorialnya tampaknya tidak seluruhnya ditanggapi positif oleh orang-orang sekitar. Dosen dan teman-teman sekelasnya malah menganggap Phan adalah gadis kuper (kurang pergaulan). Ditambah lagi dengan ditolaknya Phan untuk bergabung dalam sebuah perusahaan agensi kecantikan saat itu. Namun, justru itu yang membentuknya menjadi gadis kuat dan membuktikan bagaimana dia bisa membagikan pengalamannya dalam ber-makeup. Pada tahun 2007 silam, nama akun RiceBunny pun sukses membuat subscriber selalu bertambah dengan berbagai macam permintaan.

Kerennya, video tutorialnya pun sekarang telah memiliki lebih dari delapan juta subscriber di seluruh penjuru dunia. Video yang ditayangkan juga mempunyai keunikan tersendiri di mana dia menggunakan makeup untuk membuat karakter tertentu. Dari Lady Gaga hingga Sailor Moon telah dibuatnya. Bahkan menurut articlebio, pada tahun 2009 dan 2010, video-video itu menjadi viral. Sekarang? Phan telah menghasilkan pendapatan sebesar USD 3 juta per tahun. Menakjubkan!

Memborong Penghargaan


Berkat ide dan kreativitasnya, Forbes telah memasukkan wanita hebat ini ke dalam 10 youtuber tertinggi dan terlaris. Kerennya lagi, Phan menempati urutan ke-7. Dilanjutkan pada tahun 2015 lalu, Forbes dan Inc kembali memasukkan namanya ke daftar 30 under 30. Phan juga bekerja dengan brand terkemuka seperti Dr Pepper dan L’Oreal. Bahkan saluran youtube-nya merupakan saluran ke-88 paling populer di dunia menurut Social Blade. Uniknya, karena suaranya yang jernih itulah pada tahun 2016 lalu Phan mendapatkan tawaran untuk menjadi pengisi suara Jessica Jones di sebuah game Marvel Avengers Academy.


Loading...



Menurut situs heavy, pertama kali Phan mengunduh video ke platform YouTube, dia telah mendapatkan lebih dari 40.000 hits dan ratusan komentar. Saat itulah Phan sadar bahwa dia telah mendapatkan apa yang selama ini dia cari-cari. Tapi seperti yang kamu ketahui untuk memulai tutorial makeup itu butuh dana yang tidak sedikit. Apalagi dengan alat-alat makeup yang memang agak sedikit menguras kantong. Paling tidak, makeup yang digunakan harus menunjang penampilan itu sendiri agar para penonton bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan makeup tersebut.

Di tahun 2014, Phan telah empat kali masuk nominasi penghargaan dan dua kali menang sebagai Teen Choice Award For Choice Web Star: Fashion / Beauty. Lalu di tahun selanjutnya pun nama Michelle Phan kembali masuk nominasi dengan katagori yang sama pula. Sayangnya, Phan tidak berhasil memboyong penghargaan itu.

kisah cerita sukses inspirasi michelle phan beauty vlogger blogger terkenal populer dunia review produk kecantikan kosmetik makeup sejarah profil ipsy perusahaan bisnis tips youtuber video tutorial buku
Gambar via jamiemakeup.com

Ipsy Hingga Meluncurkan Sebuah Buku


Sukses menghasilkan jutaan dolar di berbagai usaha membuat Phan tidak berhenti berkarya. Adalah Ipsy sebuah perusahaan yang menyediakan produk andalan untuk para pelanggannya yang masih kebingungan dalam memilih produk kecantikan. Maka dari itu, Ipsy dibuat untuk menyediakan campuran produk terbaik mereka agar para pelanggan mereka tidak kesulitan. Harga per bulan pun dibandrol sebesar USD 10.

Cara kerjanya cukup mudah. Kamu bisa bergabung di situs Ipsy dengan modal USD 10. Setiap bulan akan ada hadiah menarik dengan Glam Bag nan indah dengan 5 sampel mewah serta lengkap dengan produk – produk kecantikannya. Produk yang ditawarkan berupa kosmetik, parfum, kutek, produk untuk kulit dan masih banyak lagi lainnya.

Banyak wanita yang berusaha mencapai sukses pada umur yang terbilang muda dan Michelle Phan telah melakukan semuanya. Sukses meraih impiannya dan menjadi pengusaha sukses di usia yang masih muda. Setelah video blogger-nya yang mendunia, Phan pun meluncurkan sebuah buku berjudul Make Up: Your Life Guide to Beauty, Style, and Success – Online and Off.

Sejarah Ipsy


Perusahaan ini resmi didirikan pada tahun 2011 di atas naungan Michelle Phan, Marcelo Camberos dan Jennifer Jaconetti Goldfarb. Berawal dari dimulainya perusahaan model bisnis (yang diuji di situs beta) disebut myglam.com ini dimulai pada Desember 2011. Perusahaan ini juga menawarkan biaya per bulan sebesar USD 10 pada pelanggan agar bisa mendapatkan 5 sampel kosmetik. Setelah itu, barulah Ipsy diluncurkan pada September 2012. Secara tidak langsung, perusahaan ini menggunakan para subsciber Phan di media sosial seperti vlogger (video blogger) dan lainnya untuk menarik minat mereka membeli produk. Dengan pengaruh besar Michelle Phan tampaknya tidak membuat perusahaan itu kesulitan.

Di tahun peluncuran itulah tepat bersamaan dengan para vlogger kecantikan serupa seperti Jessica Harlow, Promise Phan, Bethany Mota, dan Andrea Brook. Michelle Phan mampu menjadi umpan yang baik dalam hal ini. Terbukti di bulan Februari 2016 ada 10.000 vlogger lebih yang juga menyumbangkan video-video mereka satu hingga dua dalam satu bulan. Jadi dengan berdirinya Ipsy dapat mempertemukan perusahaan kosmetik, para vlogger dan masyarakat dapat bertemu dalam satu wadah.

kisah cerita sukses inspirasi michelle phan beauty vlogger blogger terkenal populer dunia review produk kecantikan kosmetik makeup sejarah profil ipsy perusahaan bisnis tips youtuber video tutorial buku
Gambar via shefinds.com

Menariknya, Ipsy tidak membeli sampel produk yang masuk dalam tas sampel itu sendiri. Mereka dengan sengaja menyediakan sampel produk secara cuma-cuma dan sebagai gantinya umpan balik dari para pelanggan dikumpulkan. Untuk ini pun para vlogger tidak menerima bentuk pembayaran dalam apapun. Mereka hanya mendapatkan dampingan langsung dari Phan dan Ipsy. Di tahun 2016 lalu, perusahaan ini dapat mempertemukan perusahaan kosmetik, para vlogger, dan masyarakat dalam sebuah konferensi.

Perusahaan ini semakin berjaya. Terbukti dengan 100 karyawan yang dimilikinya pada tahun 2015 lalu. Ditambah lagi dengan dibukanya sebuah video produksi yang menyediakan ruang kerja untuk para vlogger di Santa Monica, California. Kerennya lagi, vlogger dapat bekerja secara gratis dan menerima mentoring setelah menjadi bagian dari perusahaan satu ini.

Sedikit demi sedikit, Ipsy membangun perusahaan yang populer. Apalagi brand kosmetik Em diluncurkan pada tahun 2015 yang langsung didesain oleh Michelle Phan. Hingga sekarang pun Ipsy terus mengembangkan pelanggannya. Sampai pada Januari 2016, perusahaan ini mengklaim bahwa Ipsy telah memiliki pelanggan sekitar 1,5 juta.

Lalu, masih pesimis dalam mencapai sesuatu? Kunci kesuksesan tidaklah berat. Hanya bagaimana diri kamu mengembangkan semua potensi yang ada dan menuangkannya pada tempat yang tepat. Seperti halnya Michelle Phan, seorang beauty vlogger terkenal yang telah mampu membuktikan segalanya. (Oldra Karlinda)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.