Jenis-jenis Kertas Untuk Percetakan

Jenis-jenis Kertas Untuk Percetakan - Keberadaan kertas sangat membantu manusia dalam segala bidang. Dunia pendidikan, perkantoran tak terkecuali percetakan memerlukan suatu media yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting. Dan, kertas adalah jawaban tepat untuk segala keperluan cetak. Kertas cetak yang lengkap dan murah mempunyai beberapa variasi ukuran, ketebalan, tekstur ataupun warna.

Jenis kertas cetak apa yang sobat pilih tentu harus disesuaikan dengan keperluan. Misalnya, sobat ingin mencetak/menge-print tugas-tugas kuliah, maka jenis kertas yang paling cocok adalah kertas HVS. Demikian juga, ketika hendak mencetak dokumen kantor, kertas HVS sesuai digunakan karena mempunyai daya serap yang tinggi.

Sobat sedang mencari kertas cetak yang lengkap dan murah? Kertas cetak yang berkualitas tersedia di toko-toko kertas terdekat di kota sobat. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis kertas untuk keperluan percetakan yang perlu diketahui.

jenis macam tipe kertas untuk percetakan bahan digital offset printing bahan awet tidak mudah gampang rusak undangan tempat fotokopi jilid kelebihan kelemahan sample gambar

1) Jenis Kertas - HVS

Kertas ini paling sering digunakan untuk keperluan cetak dokumen di perkantoran. Nama HVS itu sendiri berasal dari bahasa Belanda ““Houtvrij schrijfpapier” yang berarti kertas tulis bebas serat kayu. Permukaan kertas ini bersifat kasar dan mempunyai daya serap yang tinggi.

Terdapat beberapa jenis ketebalan kertas HVS:
• 70 gsm untuk kebutuhan fotokopi dan cetak dokumen biasa
• 80 gsm untuk cetak standard skripsi kampus, makalah, tugas-tugas sekolah
  dan dokumen penting kantor
• 100 gsm untuk pencetakan dokumen yang membutuhkan kualitas gambar
   yang lebih bagus

2) Jenis Kertas - Art Paper

Jenis kertas yang permukaannya licin, lapisannya mengkilap, dan memiliki daya serap yang rendah. Biasanya, jenis kertas ini biasa digunakan untuk keperluan cetak brosur, flyer, kalender, poster, dan lainnya.

3) Jenis Kertas - Matte/Doff Paper

Jenis kertas ini hampir mirip dengan art paper namun permukaannya tidak mengkilap (semi doff). Kegunaannya sama dengan art paper.

4) Jenis Kertas - Art Carton

Sama dengan art paper, kertas art carton memiliki gramasi atau ketebalan yang lebih tinggi. Sering digunakan untuk keperluan cetak promosi dan membutuhkan jenis kertas yang lebih tebal.


Loading...



5) Jenis Kertas - Duplex (Coated)

Jenis kertas ini sering disebut juga dengan kertas karton yang memiliki warna putih di satu sisi dan warna abu-abu di sisi lain. Kertas duplex hanya dicetak di satu sisi saja, yaitu bagian yang berwarna putih saja dan biasa digunakan untuk keperluan kotak (box) makanan.

6) Jenis Kertas - Ivory

Hampir sama dengan kertas art carton, namun kertas ivory memiliki dua sisi dengan tekstur yang berbeda. Satu sisi mempunyai tekstur yang lebih halus sementara sisi lain bertekstur kasar.

7) Jenis Kertas - Samson

Kertas ini berwarna coklat dan merupakan kertas daur ulang dengan permukaan yang kasar. Dengan kesan warna yang klasik, kertas samson cocok digunakan untuk paperbag atau hangtag.

8) Jenis Kertas - BW/BC/Linen/Concord

Jenis kertas ini bertekstur dan tersedia dalam berbagai warna yang biasanya digunakan untuk keperluan cetak sertifikat atau undangan.

9) Jenis Kertas - Jasmine

Kertas Jasmine sering digunakan untuk keperluan cetak undangan yang mempunyai karakter kertas yang berkilau.

10) Jenis Kertas - Corugated

Jenis kertas ini bergelombang di salah satu sisinya dan biasa dimanfaatkan untuk mencetak kemasan karton box. Jika dicetak berwarna, kertas ini biasanya dilapisi lagi dengan kertas lain seperti HVS atau art paper.

Memilih jenis kertas untuk pencetakan yang cocok perlu disesuaikan dengan anggara yang ada agar bisa menghemat pengeluaran namun dengan kualitas yang terjamin.
Loading...

1 komentar

Unknown mengatakan...

Sukses terus Gan sama Usahanya...
http://www.desainbrothers.net/2015/12/jasa-desain-grafis-murah.html

Diberdayakan oleh Blogger.