Personal Branding, Menemukan Citra Pribadi

Personal Branding, Menemukan Citra Pribadi - Pernahkah sobat memperhatikan para tokoh terkenal yang populer di media maupun dalam kehidupan sosial sehari-hari? Mereka bisa tokoh politik, pebisnis sukses, selebritis, musisi, artis film atau presenter televisi.

Jika kamu perhatikan lebih cermat, mereka memiliki kharakter khas dan unik yang membuat orang lain bisa merasa suka atau sebaliknya. Apa yang membuat kamu menyukai dan mengidolakan tokoh tertentu?

arti definisi pengertian personal branding manfaat tujuan jenis macam cara promosi marketing pemasaran digital internet online media sosial medsos makalah jurnal ilmiah membangun reputasi profesional
Foto: Gettyimages.com

Kamu bisa mengidolakan seorang penyanyi karena karakter vokalnya yang syahdu, musisi karena kemampuan memainkan intrumen musik yang dahsyat, artis film karena kemampuan aktingnya yang luar biasa, tokoh politik karena kebijakannya yang aspiratif, atlet olahraga karena kemampuannya yang hebat.

Bagaimana membangun citra diri di mata orang lain merupakan bentuk dari personal branding. Istilah yang sebenarnya setiap orang pernah bahkan sering melakukannya. Dalam perspektif personal branding, setiap orang adalah brand atau merek.


Loading...



Mulai dari cara berpakaian, cara berbicara, topik yang dibicarakan sampai status Facebook atau Twitter adalah beberapa praktik personal branding.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan brand kamu. Saat ini, mungkin penilaian orang lain terhadap kamu tidak seperti yang diharapkan. Itu tidak jadi masalah. Itu hanya soal persepsi orang yang bisa saja berbeda dengan kenyataan yang sesunggunya. Yang lebih penting adalah bagaimana kamu ingin dianggap dan dinilai orang lain secara positif. Dan itu butuh waktu.

Apa yang menjadi minat kamu? Bidang apa yang bisa membuat kamu merasa lebih baik dan percaya diri? Cobalah menginvestasikan waktu untuk memikirkan kembali apa yang menjadi keinginan kamu di masa depan. Apakah kamu ingin dianggap sebagai orang yang menyenangkan dan terpercaya untuk dijadikan teman, pasangan atau relasi bisnis? Maka berusahalah seperti itu.

Setelah menemukan minat, maka kamu perlu menentukan tujuan. Apa yang perlu kamu capai? Bagaimana kamu pada 5, 10 atau 20 tahun ke depan? Carilah kertas dan mulai menulis tujuan yang ingin diraih, jika saat ini kamu belum meraihnya, maka berusahalah mencari tahu apa yang menghambat tujuan kamu dan berusahalah sekuat tenaga untuk memperbaikinya.

Sempatkanlah untuk membaca buku motivasi atau biografi. Lihatlah bagaimana orang-orang sukses membawa diri mereka. Cobalah mencari tahu kualitas apa yang membuat mereka bisa meraih apa yang diimpikan semua orang. Semua kualitas itu bisa dipelajari. Dengan semangat tinggi dan kedisplinan tentunya.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.