Jumat, 30 Maret 2012

Logo Baru AJB Bumiputera 1912: Refleksi Perjalanan Satu Abad

Berdiri sejak zaman Hindia Belanda, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 merupakan pelopor dan perintis bisnis asuransi di Indonesia.

Ada yang unik dari perusahaan asuransi ini. Berbeda dengan perusahaan perseroan yang kepemilikannya dipegang oleh pemilik modal tertentu, Bumiputera menerapkan sistem kepemilikan “mutual” atau usaha bersama. Asas mutualisme merupakan pondasi manajemen perusahaan yang dipadukan dengan idealisme dan profesionalisme.











Desain (before): n/a | Desain (after): n/a

Menginjak usianya yang satu abad dan tekad yang teguh untuk menjaga nilai-nilai tradisional Indonesia, Bumiputera memperkenalkan logo dan tagline baru.

Logo baru Bumiputera menggambarkan tiga orang berdekatan yang masing-masing mengangkat kedua tangan. Arti logo baru Bumiputera adalah kedaulatan, martabat, inklusif, mencerminkan karakter tradisional Indonesia, dan kekuatan dalam arti yang
modern. Selain itu, logo merepresentasikan konsep mutualitas antara tiga pemangku kepentingan perusahaan, yaitu pemegang polis, karyawan, dan negara.

Tagline “proven over time” mendampingi logo baru yang merupakan pernyataan atau janji perusahaan (brand promise) untuk memberikan pelayanan dan nilai terbaik bagi pemegang polis yang akan dibuktikan sepanjang sejarah pada masa datang.

Logo lama Bumiputera, terlihat kaku dan konstruktif dengan huruf yang tebal. Kesannya terlalu berat.

Sementara logo baru Bumiputera terlihat lebih sederhana dan modern. Namun logo baru berupa simbol orang tersebut berkesan generik. Bukan karena penggunaan simbol orang, tapi eksekusi bentuk logo yang kurang mempunyai karakter unik. Dan, orang cenderung akan mudah melupakannya karena banyak logo yang mirip. Kalaupun ada kemajuan adalah typeface yang terlihat lebih ringan, elegan, dan friendly. Dari segi konsep desain, logo baru lebih representatif, mampu mewakili filosofi dan nilai-nilai perusahaan.

Perubahan logo menandakan adanya perubahan dalam perusahaan. Dalam hal ini, Bumiputera berusaha menyesuaikan diri dengan dinamika bisnis asuransi di Indonesia, apalagi menghadapi tantangan yang semakin ketat dan tuntutan masyarakat yang semakin banyak.

Selain itu, Bumiputera juga ingin meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan asuransi yang mencerminkan karakter tradisional Indonesia, menekankan falsafah semangat, yaitu sinergi, empati, moral, aktif, nasionalis, gigih, apresiatif dan teladan.

Satu hal yang perlu dicatat. Walau dinamika bisnis terus berkembang, dan perubahan tidak terelakkan, namun Bumiputera tetap mempertahankan nilai-nilai perusahaan yang ada sejak pertama kali didirikan hingga kini.




0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...