Wonderful Indonesia Sebagai Strategi Destination Branding

Wonderful Indonesia Sebagai Strategi Destination Branding - Dalam dunia pemasaran modern, branding punya peran yang sentral. Branding mengintegrasikan elemen-elemen strategis ke dalam satu formula yang jitu. Dengan branding pula, kita dapat membangun merek yang mempunyai diferensiasi unik, mempunyai citra positif dan.meningkatkan keunggulan kompetitif.

Seperti halnya produk dan jasa, tempat (destination/place) adalah merek. Dalam membangun tempat dengan asosiasi tertentu, branding adalah sebuah pilihan. Istilah yang kita pakai yaitu: destination branding. Salah satu tujuannya adalah: meningkatkan keatraktifan sebuah tempat. Ketika sebuah tempat terlihat atraktif, maka ia akan menarik orang untuk berkunjung ke tempat tersebut.


Loading...



Destination branding adalah sebuah proses penyeleksian bauran elemen untuk mengidentifikasi dan membedakan tempat melalui pembangunan citra positif. Destination branding menawarkan janji pengalaman yang dikenang tentang sebuah tempat.


Bicara tentang sebuah tempat, kita tak bisa melepaskan dari pariwisata (tourism). Sebagai salah satu penggerak roda perekonomian terbesar, pariwisata menghasilkan pendapatan negara yang besar. Melihat pentingnya destination branding, negara-negara di dunia bersaing menunjukkan karakter uniknya di mata dunia.

Gambar: Koran Tempo (10/11/11)

Lalu bagaimana dengan negara Indonesia? Apa saja yang membuat Indonesia berbeda dengan negara lain? Indonesia, negara kepulauan dengan kekayaan alam yang melimpah ruah. Membentang dari Sabang sampai Merauke dengan corak kebudayaan masyarakatnya yang beraneka ragam. Masyarakat Indonesia yang sopan dan ramah. Makanan khas Indonesia yang beragam dan penuh cita rasa. Suatu anugerah yang patut disyukuri.

Gambar: Koran Tempo (12/11/11)

Mulai tahun 2011, Branding pariwisata Indonesia adalah “Wonderful Indonesia”. Sebelumnya, Indonesia menggunakan slogan “Ultimate in Diversity” sejak tahun 2004. Branding “Wonderful Indonesia” masih menggunakan logo lama berupa simbol burung garuda yang digunakan sejak tahun 2008 - kala itu untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional. Elemen yang terkandung dalam branding “Wonderful Indonesia” yaitu: nature, culture, people, food, value for money.

Gambar: Media Indonesia (3/11/11)

Persaingan dalam destination branding semakin ketat. Apalagi jika melihat pariwisata Indonesia yang masih kalah dari negara lain, terutama negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Kesuksesan branding “Wonderful Indonesia” tidak hanya diukur dari jumlah turis atau wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Lebih dari itu, branding “Wonderful Indonesia” harus mampu menciptakan ekuitas merek yang meliputi dimensi performa, citra sosial, nilai, kepercayaan, dan identifikasi yang dipertahankan dan dihidupkan oleh orang-orang di dalamnya.

Sebagai sebuah proses yang berkelanjutan, branding “Wonderful Indonesia” tentu membutuhkan dukungan semua pihak (stakeholders). Pemerintah perlu membangun sinergi dan mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat umum, pihak swasta, investor, pelaku industri pariwisata, media massa, dan lainnya. (bitebrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.