Jenis-Jenis Perspektif Gambar Yang Penting Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Perspektif Gambar Yang Penting Kamu Ketahui - Ketika mengikuti berita di surat kabar, internet, televisi, atau majalah, kita akan menemukan banyak macam fenomena. Bagaimana kita melihat dan mengamati fenomena yang terjadi di sekitar kita? Jawabannya pasti berbeda-beda, dan masing-masing individu mempunyai penilaian, analisis, dan cara atau sudut pandang atau perspektif yang berbeda pula.

Demikian juga dalam dunia visual yang setiap saat bersinggungan dengan yang namanya perspektif. Sudut pandang sering disebut dengan perspektif yang bisa kita gunakan untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah. Fenomena bisa bermacam-macam termasuk yang berhubungan dengan persepsi visual.


Loading...



Dalam konteks penglihatan dan persepsi visual, perspektif merupakan cara bagaimana objek terlihat oleh mata berdasarkan atribut spasial, dimensi, atau posisi mata yang relatif terhadap objek. Terdapat beberapa macam perspektif visual yang dipaparkan di bawah ini.

Jenis-Jenis Perspektif Gambar


Perspektif Linier


Desain: Duffy & Partners

Perspektif linier dapat diketahui dari objek yang sudut visualnya semakin mengecil ketika kita melihat dari jarak yang agak jauh. Sudut visual yaitu sudut yang terbentuk berupa segitiga imajiner ketika melihat objek dari jarak tertentu dengan objek sebagai dasarnya. Semakin besar jarak maka semakin tinggi segitiga dan sudut visual semakin mengecil.

Perspektif Aerial


Biro Iklan: Ogilvy

Sementara perspektif aerial berkaitan dengan efek yang terlihat ketika melihat objek melalui atmosfer. Misalnya, ketika melihat gunung dari kejauhan, saturasi warna gunung akan berkurang dan warna berubah menjadi biru.

Dalam seni grafis, perspektif adalah representasi perkiraan sebuah gambar seperti terlihat oleh mata. Karakteristik perspektif objek gambar yaitu: lebih kecil ketika jarak antara penglihat dengan objek bertambah dan ukuran dimensi objek sepanjang garis pandang relatif lebih pendek di garis pandang (foreshortened).

Efek visual atau ilusi optis terjadi ketika kita melihat dari sudut pandang tertentu, objek atau jarak akan terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya.

Beberapa jenis perspektif gambar yang umum yaitu: perspektif satu, dua, dan tiga poin. Pengkategorian perspektif tersebut berkaitan dengan jumlah titik hilang (vanishing point) dalam perspektif gambar.

Perspektif Satu Poin


Biro Iklan: Blattner and Brunner

Setiap objek yang terdiri dari garis yang paralel dengan garis pandang penglihat atau secara langsung tegak lurus dan berada di depan penglihat dapat dikategorikan sebagai perspektif satu poin (one-point perspective) atau perspektif linier.


Loading...



Perspektif Dua Poin


Biro Iklan: Beijing Huayida Advertising

Melihat objek dari sudut tertentu, kita akan melihat dua perspektif satu poin yang saling berlawanan. Dengan kata lain, akan terlihat dua titik hilang (two-point perspective). Satu poin adalah representasi dari garis paralel, demikian juga yang lainnya.

Perspektif Tiga Poin


Biro Iklan: DDB
Ketika melihat objek seperti gedung dari atas atau bawah, kita akan melihat ada tiga titik hilang (three-point perspective). Seperti pada perspektif dua poin, kali ini terdapat tambahan titik hilang yaitu yang mengecil menuju ke tanah atau ke langit.

Perspektif Empat Poin


Selain itu,juga terdapat perspektif empat poin (four-point perspective), yaitu perspektif gambar yang mampu diputar sebesar 360 derajat. Perspektif empat poin sering digunakan untuk memperlihatkan ruang tertentu di mana penglihat dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang.

Perspektif Nol Poin


Biro Iklan: Prolam Y&R

Karena titik hilang hadir ketika kita melihat dalam garis linier, perspektif nol poin (zero-point perspective) terjadi ketika kita melihat dari arena nonlinier. Contoh yang umum adalah pemandangan alam tanpa garis linier.

Memahami perspektif diperlukan agar hasil karya baik grafis maupun fotografis memiliki nilai kedalaman dan estetika.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.