Makna dan Filosofi Warna Orange

Makna dan Filosofi Warna Orange - Campuran warna merah dan kuning. Itulah warna orange. Banyak benda berwarna orange yang dapat kita temukan, buah-buahan seperti jeruk yang matang, wortel, blewah, sunkist, pepaya, apricot, matahari tenggelam (sunset), dan lainnya. Nama orange sendiri diambil dari nama buah, di Indonesia lebih dikenal dengan buah jeruk. Warna orange juga sering diasosiasikan dengan musim, seperti musim semi dan musim panas.

Kalau kamu suka sepakbola, maka pikiran akan tertuju pada tim nasional Belanda yang memakai warna orange sebagai kostum utamanya. Negara lain yang memakai warna orange sebagai warna kostum tim nasional adalah Pantai Gading. FC Barcelona (Spanyol) juga terlihat menggunakan warna orange pada kostum cadangannya.


Warna orange dalam beberapa sistem warna:
Hex Triplet: #ff7f00
RGB: 255,127,0
CMYK: 0%,62%,100%,0%
HSB/HSV: 30,100%,100%

Color PickerAdobe Photoshop

Kesan apa yang dapat ketika kamu melihat warna orange? Cerah, vitalitas, energi, ceria, muda, menyenangkan, segar, kreativitas. Warna orange merupakan stimulan, mempunyai asosiasi yang kuat pada makanan, sehingga mampu membangkitkan emosi dan selera. Itulah kenapa warna orange sering digunakan untuk identitas merek makanan.

Tidak hanya merek makanan, beberapa perusahaan menggunakan warna orange pada identitas perusahaan atau logo. Sebagai warna hangat (warm color), penggunaan warna orange pada logo menimbulkan kesan menyenangkan, akrab (sociable, friendly), mudah didekati (approachable), dinamis, dan kreatif. Jika kamu ingin mendapatkan perhatian tanpa merasa harus berteriak, maka warna orange adalah sebuah pilihan.

Contoh Desain Logo yang Memakai Warna Orange


Desain: FutureBrand

GlaxoSmithKlien merupakan perusahaan merger dari dua buah perusahaan farmasi besar mempunyai simbol yang unik dengan singkatan di dalamnya. Warna orange adalah warna utama simbol. Logo, termasuk warna orange, merepresentasikan perusahaan yang mempunyai visi meningkatkan kualitas hidup manusia.


Loading...



Desain: Cundari

Hamilton International Airport terletak di Kanada lebih dikenal dengan hi, yang merupakan akronim atau singkatan dari nama perusahaan. Warna orange merupakan pilihan yang sesuai dan tepat dengan simbol logo yang terdiri dari kata 'hi' yang merupakaan sapaan kepada orang dan bentuk pesawat yang sedang meluncur ke atas membentuk senyuman.

Desain: Pentagram's DJ Stout

Popeyes Louisiana Chicken merupakan jaringan global restoran fast food ayam goreng yang telah mempunyai cabang waralaba di beberapa negara. Logo berupa wordmark Popeyes dengan warna orange yang mempunyai kemiripan warna dengan produk makanan ayam goreng. Penggunaan warna orange mengarahkan persepsi orang pada makanan dan mampu membangkitkan selera makan.

Desain: Wolff Olins

Orange merupakan merek dari perusahaan telekomunasi France Telecom yang menyediakan jasa operator jaringan telepon seluler dan penyedia jasa layanan internet. Logo berupa segi empat sama sisi atau persegi merupakan representasi dari perusahaan yang kuat dengan warna orange yang merepresentasikan nama perusahaan.

Desain: Hornall Anderson

Logo Dayberries Bakery Cafe berupa kurva spiral yang merupakan simbol roti dan mempunyai kemiripan bentuk dengan roti croissant. Penggunaan warna orange merupakan upaya menghubungkan logo atau merek dengan kategori produk yang ditawarkan sehingga orang menjadi berselera makan dan mengenali merek secara lebih mudah.

Desain: Scott Nash & Tom Corey

Nickelodeon adalah jaringan televisi kabel yang dimiliki oleh MTV dengan segmen utama anak-anak. Logo berupa percikan dengan wordmark Nickelodeon di dalamnya merupakan sebuah terobosan terhadap batasan atau aturan logo tradisonal. Percikan dengan warna orange menjadi sebuah ikon budaya populer yang kental dengan dunia anak-anak yang penuh dengan kegembiraan.

Warna orange banyak dipakai pada logo-logo brand atau perusahaan yang dapat memunculkan berbagai kesan. Pemakaian warna orang tersebut tentunya perlu disesuaikan dengan pesan atau nilai yang ingin disampaikan kepada khalayak. (bitebrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.